Skip to content
Home » Wayne Rooney Mantan Striker Tim Nasional Inggris

Wayne Rooney Mantan Striker Tim Nasional Inggris

Wayne Rooney adalah salah satu pemain sepak bola terkenal yang telah meninggalkan jejaknya dalam dunia olahraga. Dengan karir yang penuh prestasi dan dedikasi, Rooney telah menjadi ikon dalam sepak bola Inggris dan dunia. Wayne Mark Rooney lahir pada tanggal 24 Oktober 1985 di Liverpool, Inggris. Sejak usia muda, Rooney telah menunjukkan bakat luar biasa dalam bermain sepak bola. Ia bergabung dengan klub Everton pada usia 9 tahun dan membuat debutnya di tim utama pada usia 16 tahun, menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah Premier League.

Pada tahun 2004, Rooney pindah ke Manchester United dengan biaya transfer yang mencetak rekor pada saat itu. Bersama Manchester United, Rooney meraih banyak kesuksesan, termasuk lima gelar Premier League, tiga Piala Liga, dan satu Liga Champions UEFA. Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub dengan mencetak lebih dari 250 gol.

Rooney juga memiliki peran penting di tim nasional Inggris. Ia tampil dalam 120 pertandingan internasional dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa tim nasional dengan mencetak 53 gol. Keahlian, kecepatan, dan ketepatan tembakannya membuatnya menjadi ancaman serius bagi lawan-lawannya.

Tak hanya prestasinya di lapangan, Rooney juga dikenal karena semangatnya yang membara dan dedikasinya terhadap permainan. Ia selalu menunjukkan keinginan dan kerja keras yang luar biasa dalam setiap pertandingan. Kemampuan Rooney dalam mencetak gol, mengatur permainan, dan memberikan umpan-umpan akurat membuatnya menjadi salah satu pemain terbaik di generasinya.

Rekor Milik Wayne Rooney Mengesankan

Selama kariernya, Rooney telah mencatat berbagai rekor individu dan kolektif yang mengesankan. Ia menjadi pemain termuda yang mencetak 200 gol di Liga Inggris dan pemain dengan gol terbanyak dalam sejarah tim nasional Inggris. Keahliannya dalam mengoper bola dan visinya yang brilian telah menginspirasi banyak pemain muda di seluruh dunia.

Setelah meninggalkan Manchester United, Rooney kembali ke Everton dan kemudian bermain di klub Amerika Serikat, DC United. Pada tahun 2020, ia kembali ke Inggris untuk bermain bersama klub Championship, Derby County, sekaligus mendapatkan pengalaman baru sebagai pelatih sambil aktif bermain.